Diklat Pemanfaatan & Pembuatan Media Berbasis TIK Bagi Guru IPA MTs Tahun 2011.

Dalam rangka membekali dan meningkatkan keterampilan di bidang TIK bagi para guru mata pelajaran IPA Madrasah Tsanawiyah, Balai Diklat Keagamaan Denpasar menyelenggarakan Diklat Pemanfaatan dan Pembuatan Media Belajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Mata Pelajaran IPA MTs. selama 10 hari yang dilaksanakan dari  tanggal 14 s/d 23 Nopember 2011. Diklat ini dibuka secara resmi oleh Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Bali, yang dilanjutkan dengan penyampaian materi Pembinaan Mental bagi PNS. Peserta Diklat Pemanfaatan dan Pembuatan Media Belajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ini diikuti oleh berbagai Guru dari kantor Kementerian Agama dari Bali, NTB, dan NTT. Adapun tujuan dari Diklat Pemanfaatan dan Pembuatan Media Belajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ini:

  1. Meningkatkan kompetensi dan mengembangkan wawasan tugas bagi guru Mata Pelajaran IPA MTs
  2. Menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa
  3. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan.
  4. Meniptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.
Kurikulum dan mata diklat yang dipakai mengacu pada standar kompetensi yang diperlukan bagi petugas administrasi ini terdiri dari 100 jam pelajaran, dengan materi pokok:
  1. Potensi TIK dalam Pendidikan
  2. Pemanfaatan Media TIK
  3. Pemanfaatan dan Pembuatan Media Presentasi
  4. Pengenalan dan Pembuatan Media Audio Video
  5. Desain Grafis
  6. Pemanfaatan dan Pembuatan Blog

Sebagai bahan evaluasi, selain diadakan ujian tulis peserta juga diberi tugas untuk membuat presentasi menggunakan power point dengan menyisipkan picture, sound, movie, atau animasi yang sesuai dengan materi presentasi masing-masing. Goodluck kepada semua peserta Diklat Pemanfaatan dan Pembuatan Media Belajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Mata Pelajaran IPA MTs., semoga anda semua menjadi semakin profesional dengan tambahan pengetahuan dan keterampilan dari diklat tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RENCANA KERJA PENGHULU

Mata Diklat Administrasi Nikah Rujuk